Berita

Mengenal Lebih Dekat Mie

Mengenal Lebih Dekat Mie

Siapa yang tidak menyukai mie goreng atau mie rebus? Saat hujan atau cuaca dingin adalah saat yang tepat untuk menyantap mie apalagi disertai rasa lapar, sangat nikmat sekali. Namun, apakah Anda tahu sejarah dari mie itu sendiri? Yuk, mengenal lebih dekat sekilas sejarah dan arti mie.

Sejarah Mie

Mie merupakan salah satu jenis makanan yang paling populer di Asia khususnya di Asia Timur dan Asia Tenggara. Mie atau mi adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih.

Menurut catatan sejarah, mie pertama kali dibuat di daratan China sekitar 2000 tahun yang lalu pada masa pemerintahan dinasti Han. Dari China, mie berkembang dan menyebar ke Jepang, Korea, Taiwan dan negara-negara di Asia Tenggara bahkan meluas sampai ke benua Eropa. Menurut sejarah, di benua Eropa mie mulai dikenal setelah Marco Polo berkunjung ke China dan membawa oleh-oleh mie. Namun pada perkembangannya di Eropa mie berubah menjadi pasta seperti yang kita kenal saat ini.

Seni menggiling gandum telah lebih dahulu berkembang di Timur Tengah, seperti di Mesir dan Persia. Pada awalnya mie diproduksi secara manual, baru pada tahuan 700-an sejarah mencatat terciptanya mesin pembuat mie berukuran kecil dengan menggunakan alat mekanik. Evolusi pembuatan mie berkembang secara besar-besaran setelah T.Masaki pada tahun 1854 berhasil membuat mesin pembuat mie mekanik yang dapat memproduksi mie secara massal. Sejak saat itu, mie mengalami banyak perkembangan, seperti di China mulai diproduksi mie instant yang dikenal dengan nama Chicken Ramen dan di Jepang muncul Saparo Ramen (1962).

Arti Mie

Dalam budaya China, mie adalah simbol kehidupan yang panjang. Oleh karena itu, mie secara tradisional sering disajikan pada acara ulang tahun dan saat Tahun Baru China sebagai lambang umur panjang. Sehingga versi kue ulang tahun China adalah mie ulang tahun.

Di Jepang, mie dimasukkan ke dalam upacara minum teh Jepang dan membuat mie dianggap sebagai seni tersendiri di negara tersebut. Mie bahkan menjadi lebih penting di Jepang setelah Perang Dunia II, ketika kekurangan makanan dan hanya mie kering yang tersedia.

 

Bakmi Gang Kelinci

Layanan Pesan Antar

Bakmi Gang Kelinci melayani pesan antar untuk daerah Jakarta. Silakan hubungi:

  (021) 35 222 88, (021) 997 222 88, (021) 70 100 100

Cabang Kami

Bakmi Gang Kelinci (Pusat)

Jl. Kelinci Raya No. 1-3, Pasar Baru, Jakarta Pusat 10710

Lihat Cabang »

Copyright ©2015 - 2017 Bakmi Gang Kelinci, All Rights Reserved. Powered by Lingkar9